Home » » Media Pembelajaran (Permainan Kartu Matematika)

Media Pembelajaran (Permainan Kartu Matematika)

Ditulis oleh Dikdik M Wiguna on Desember 31, 2010 | 16.26

Media pembelajaran ini ditujukan khususnya bagi anak yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, atau bisa dikatakan mereka yang termasuk dalam kelompok anak LD (learning Disability) yaitu anak yang mengalami kesulitan belajar. Terutama bagi mereka yang susah dalam belajar berhitung dan mengenal konsep angka.

A. Deskripsi Media/Alat
  • Nama Media    : Dik Card Matemathic
  • Tujuan              : Untuk melatih anak belajar berhitung dan mengenal angka
  • Fungsi              : 
  1. Melatih anak untuk belajar berhitung. Anak dapat belajar berhitung dengan mudah, karena dalam kartu ini selain terdapat angka-angka juga terdapat gambar-gambar yang sesuai dengan jumlah angkanya.
  2. Melatih Anak Membedakan Warna. Dalam permainan ini, anak diarahkan untuk membedakan jenis warna yang terdapat dalam kartu.
  3. Melatih Membedakan Angka. Hal ini sangat membantu anak untuk mengetahui urutan angka, termasuk membedakan mana yang lebih besar atau kecil.
  4. Melatih Mental Anak. Melatih mental disini adalah mengajarkan anak untuk bisa menerima kekalahan dan tidak bosan jika terpaksa dia harus terus-terusan mengambil kartu baru. Setiap anak mempunyai temperamen beda-beda terutama anak mempunyai sifat harus menang! Ajarkan lah pelan-pelan, hal ini akan membantu membentuk mental anak untuk bisa motivasi diri untuk tetap bertahan. Jangan sampai menjatuhkan atau merendahkan anak jika kalah, berilah motivasi dan cobalah sedikit mengalah supaya motivasinya meningkat dengan bisa bermain dan mengalahkan Anda.
  5. Melatih Motorik Tangan Anak. Kalau ini, mungkin nilai positif tambahan saja dari permainan kartu. Anak biasanya masih susah dalam mengocok kartu. Latihan memegang kartu ala pemain kartu profesional juga membantu melatih motorik jari-jari mungkil mereka.
B. Desain Media
Jenis kartu ini saya ambil dari jenis kartu Remi, kemudian dimodifikasi lagi dan dibikin kartu-kartu permainan yang menarik.

Sebelum dimodifikasi                           Sesudah dimodifikasi
      

Bahan     : Karton, pewarna (spidol, stabilo)
Alat        : Gunting dan penggaris

C. Cara membuat :   
  1. Gunting karton berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang=10cm dan lebar 7cm.
  2. Gambari karton tersebut dengan gambar-gambar yang menarik sesuai dengan gambar-gambar yang disukai anak, misal : gambar buah-buahan, hewan dll. Gambar tersebut tidak boleh lebih dari 4 model gambar. Cukup 4 supaya bisa disesuaikan dengan permainan kartu tersebut.
  3. Tuliskan angka-angka didalam masing-masing kartu tersebut (2-10) dan kartu As 4 buah dengan simbol angka 1.kemudian dikasih warna yang berbeda-beda.
D. Cara penggunaan :
Buatlah sebuah permainan dari kartu-kartu tersebut seperti permainan cangkulan. Anda sebagai fasilitator bermain dengan Anak tersebut. Pertama-tama anak disuruh mengocok kartu tersebut, ini adalah sebuah tambahan untuk melatih motorik anak. Kemudian anak disuruh untuk membagikan kartu tersebut, masing-masing orang jumlahnya 5 kartu. Dalam hal ini anak bisa belajar berhitung, bagaimana cara anak mengitung jumlah kartu yang dibagikannya. Setelah itu mulailah bermain kartu seperti biasanya dan buat permainan itu dengan suasana yang menyenangkan.
Untuk aturan permainannya sbb:
  1. Masing-masing pemain dikasih 5 kartu, sisanya adalah untuk cangkulan
  2. Yang pertama memulai adalah yang mengocok kartu, kemudian pertama membuang kartunya.
  3. Angka yang besar dikurangi angka yang kecil, kemudian lawan harus membuang kartu yang nilainya sesuai dengan hasil pengurangan tadi (Angka besar dikurangi angka kecil). Jika tidak ada, pemain tersebut harus mencangkul sampai dapat. Jika hasilnya tidak ada dalam cangkulan, maka lawan berikutnya yang mulai lagi membuang kartunya.
  4. Yang kartunya habis duluan itulah pemenangnya.

Gimana cukup menarik gak?
Mulailah belajar berkreasi serta penuh inovasi dan berbagi dengan mereka yang memiliki kekurangan.
Khoirunnas Anfa'uhum Linnas. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Share this article :

1 komentar:

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik selec profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish
Terima Kasih!

Pasang iklan anda di sini

Cuma Rp.50.000/30 hari
Hosting Gratis ad size ad size ad size
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Jasa Blog® | Falcon Komputer
Copyright © 2013. A Ugiw Blog - All Rights Reserved
Template Created by: Dikdik M Wiguna Published by Falcon Komputer
Proudly powered by Falcon Komputer®