Search This Blog

Home » , » Cara Install Ulang Menggunakan Flashdisk

Cara Install Ulang Menggunakan Flashdisk

Posted by ®Ugiw Blog on December 20, 2010

Kalo mau install ulang terus cd OS-nya udah agak kotor atau rusak, atau bisa juga ditengah-tengah proses install cd-nya macet, kemudian kalau mau install OS di netbook gimana kan gak ada cd-ROM nya buat masukkin cd??? Nah...sobat2 skalian dari kasus sperti diatas ada caranya install OS tanpa cd, yakni menggunakan flashdisk. Dengan menggunakan flashdisk tentunya proses intall ulang-pun lebih mudah dan praktis. Ok dah langsung saja download terlebih dahulu softwarenya DISINI. Klo udah selesai di download langsung ikuti langkah-langkahnya sbb:

1.Misalnya kita mau install ulang pake  Window 7

2.Sediakan flashdisk 4 Gb, krn W7 kurang lebih mengambil tempat 3Gb.

3.Colokkan Flashdisk ke komputer,

4.Software hasil download tadi jangan lupa di extract terlbih dahulu. Nama software tersebut adalah WinToflash, yang berguna sbg program pemindahan file dari cd OS ke Flashdisk dengan format seperti hal-nya dalam cd OS tsb.

5.Setelah di extract kemudian akan ada beberapa file, pilih dan klik file exe.nya untuk menjalakn program tsb.

6.Klik tombol “Check” dan mulailah proses Windows setup transfer wizard.

7.Klik “Next”

8.Pilih lokasi file Windows 7 yang telah dirubah formatnya menjadi file iso. Kemudian pilih lokasi USB Flashdisk anda. klik “Next”.

9.Pilih “I Accepted the terms of the license agreement” dan klik “Continue”

10.Klik OK untuk memulai memformat USB Flashdisk dan file2 windows 7 secara otomatis akan dimasukkan ke USB Flashdisk.

11.Klik “Next” apabila selesai pengcopian, dan bootinglah komputer anda melalui USB Flashdisk tadi. apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.

NB: Maksud dari point 8 adalah lokasi file w7 yg sebelumnya sudah ada di komputer anda yg telah di robah filenya kedalm format iso. Masih bingung, saya jg bingung gmn jelasinnya,wkwkwkwk...!! bgini atuh,,anda masukin cd W7 ke komputer lalu rubah&save fileny menjdi iso dg menggunakan software ultra iso/power iso. Klau blum ada softwarenya bisa DOWNLOAD DISINI. Kemudian, misal W7 yg udh jdi “iso” tdi disimpan di (D:\). Nah...lalu dalm program WinToFlash pilih lokasi file W7 di (D:/). Knp dbikin format iso trlebih dhulu,krn biar proses transfer wizardny cepet. Klo lsg dri CD kmungkinan lama brow...


Cara Manual:
  1. Colokkan USB Flaskdisk anda. (maukin ke usb port yah, jgn ke tempat lain).
  2. Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  3. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  4. Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk makan USB flaskdisknya adalah disk1.
  5. Ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
  6. Ketik clean dan tekan ENTER.
  7. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  8. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
  9. Ketik active dan tekan ENTER.
  10. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER
  11. Ketik assign dan tekan ENTER
  12. Ketik exit dan tekan ENTER.
  13. Masukkan disk DVD windows 7  dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flashdisk anda.
  14. Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.
Beuh...hampir saya lupa, ingat kerusakn pada Fd merupakan tanggung-jwb Anda, saya hanya sekedar share ilmu yang saya dapatkan dari internet.


0 komentar:

Post a Comment

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik selec profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish
Terima Kasih!

Ikuti Kami di Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Yahoo RSS Feed

Terpopuler

Berlangganan Video Kami

.comment-content a {display: none;}